Selasa, 08 Maret 2011

Oleh-oleh Insomnia


Aku mengutip semua ini dari buku yang aku baca ulang kembali setelah beberapa lama ada di tumpukan buku-buku kuliahku. Belum usang tapi lumayan berdebu dan lumayan terlupakan. Kubaca kembali ketika aku merasa nggak pernah bisa tidur, versi kerennya “insomnia stadium akhir”. Judulnya Don’t Sweat The Small Stuff dari Richard Carlson Ph.D. Berikut diantaranya :

  • Hidup terdiri atas berbagai peristiwa. Hidup tak akan pernah sempurna dan tak akan persis seperti yang kamu inginkan. Qta semua dilahirkan dalam serangkaian kondisi tertentu dan tidak realistis kalau kamu berpikir akan sampai di satu titik dimana kamu tidak pernah sakit hati. Tapi itulah hidup, jika kamu bisa menerima hidup apa adanya, semua akan baik-baik saja.
  • Sebagian kejadian yang ditanggapi dengan istilah dramatis sebenarnya bukan masalah “Hidup dan Mati”. Jika mempermasalahkan semuanya hidup seperti tragedi yang susul menyusul. Daripada menyalahkan diri sendiri. Lebih baik belajar dari kesalahan, menjadi orang yang lebih baik dan meneruskan hidup.
  • Terimalah Hari yang buruk seperti menerima Hari yang kadang hujan. Itu tidak bisa dihindari dan bersyukurlah tidak terjadi setiap hari.
  • Ketika melepaskan keinginan menjadi sempurna. Kamu akan mengerti bahwa ada kesempurnaan di dalam ketidaksempurnaan. Meski kadang di permukaan terlihat lain. Tuhan tahu apa yang DIA lakukan. Semuanya sempurna dengan caranya masing-masing. Kamu akan mulai menyadari bahwa kamu tepat berada dimana kamu seharusnya berada meskipun kamu mungkin belum bisa melihatnya. Karena dalam banyak hal, semuanya sempurna dengan caranya sendiri-sendiri.
  • Salah satu ujian terberat adalah mampu mengharapkan kebahagiaan orang lain bahkan ketika kamu mungkin terluka. Karena setiap kali secara sadar memilih ikut merasakan kebahagiaan orang lain telah menjamin kebahagiaan utnutk dirimu sendiri. Dan tidak ada yang bisa menyamai rasa senang saat Kita tahu bahwa Kita telah melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain entah orang lain itu mengakuinya atau tidak.
  • Ketika kamu bangun pagi hari, pikirkanlah 3 hal yang harus disyukuri. Pikirkan 3 hal yang baik dalam hidupmu. Yang menyenangkan adalah ketika Kita mencari apa yang baik, Kita akan menemukan semakin banyak hal-hal baik semacam itu.


REMEMBER THIS….!!!!!
  • Hidup bukanlah keadaan darurat
  • Mulailah mencari kebaikan dan keindahan dalam segala hal
  • Mulailah melihat kepolosan dalam diri semua orang
  • Katakanlah pada orang-orang terdekatmu bahwa kamu begitu menyayanginya
  • Minta maaflah untuk semua kesalahan yang telah kamu lakukan
  • Berterima kasihlah untuk setiap hal yang kamu dapat sekecil apapun itu

Jika Kita tidak bisa melakukan hal yang besar di bumi ini maka lakukanlah sesuatu yang kecil dengan cinta yang besar”
  • Kalau Kita bersikap menyenangkan, Dunia akan terlihat baik
  • Kalau Kita bersikap perhatian dan baik, Dunia akan mengembalikan kebaikan itu padamu
  • Sempatkanlah mengamati keindahan alam seperti matahari, hujan, bintang dan pelangi. Itu membuat Kita menghargai hidup
  • Percayalah, itu tidak akan sia-sia untuk dilakukan

Pada akhirnya yang benar-benar penting dan diingat orang tentang diri kita adalah seperti apa pribadi kita. Apakah Terkenal atau popular, ITU TIDAK PENTING. Yang penting adalah bagaimana caramu memperlakukan orang dengan pribadi yang menyenangkan sehingga kamu bisa mempengaruhi orang dengan keberadaanmu.

Tidak perlu membuat perubahan besar dalam waktu semalam. Lebih baik memusatkan perhatian pada hal-hal kecil terlebih dahulu. Satu perubahan disini, satu lagi disana. Begitulah cara menyentuh hidup. Karena “menjadi pandai tidak terjadi dalam satu malam, baca buku minimal 8 halaman setiap hari”

Hmm..ada yang kalimat yang sangat aku sukai dalam buku ini. “Aku menjadi dewasa pada hariku pertama kali menertawakan diriku sendiri. Aku bisa menatap kedalam cermin dan melihat kadang aku melakukan hal-hal bodoh”


-BERSEMANGAT-

0 komentar:

Posting Komentar