Selasa, 08 Maret 2011

Your Mailbox is Full

Batch V 1.8 I miss u all
Nggak pernah sebelumnya ngebayangin jadi seorang CSR call center. Apalagi dengan shift kerja Online 24 Jam. Harus konsen dengerin orang yang nggak dikenal ngemeng, nyatet semua omongannya, ngasih jawaban dan solusi (sangat multitasking sekali) ditambah bonus insentif maki-makian (sangat horor sekali, Ahahahaha)
Baiklah kita mulai dari sini. Lulusan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen Keuangan nyasar di dunia provider. Ah tak apalah. waktu itu yang terpikir hanya perusahaan mana yang mau nerima Fresh Graduate walaupun dengan IPK lumayan (agak sedikit pamer) belum tentu sebuah perusahaan mempercayakan posisi bagus untuk ‘anak kemaren sore’. Yah kalau di Bank jadi Marketing yang nyari nasabah (pekerjaan yang halal sebenernya tapi tetap ngga minat sama sekali) atau syukur2 jadi Teller yang berarti “teler lembur sampai pagi” hehew.. (lumayan minat buat gengsinya ajah tapi kalau pekerjaanya mah ogah) atau di perusahaan umum bisa jadi staff kantor dengan jam kerja teratur alias office hour tapi biasanya bawa pekerjaan kantor jadi pekerjaan rumah (males banget) So akhirnya saia putuskan secara seksama dalam tempo sesingkat-singkatnya dan demi uang jajan untuk mengambil pekerjaan sebagai CSR sebuah provider yang lumayan besar (nggak perlu sebut merk, takut diminta royalty)

Geng saiyur
Yang paling membuat bahagia adalah teman kerja. Masih seumuran, serasa masih suasana kampus tapi dapat gaji, Bisa ngecengin teman sekantor secara hal semacam itu DIHALALKAN dan banyak yang sudah DILEGALKAN dalam pernikahan, Haha! Bisa nemuin temen2 yang bener2 satu pikiran karena biasanya orang2nya nggak waras semua, Wkwkwkwkwk!
  • Keluar nyari maem malem2
  • Makan jam 03.00 pagi di pantry
  • Tidur di breakroom kantor menunggu pagi
  • Email gaul bersama Team penjebluk Email, 2 hari libur emailnya bisa nyampe ribuan dan isinya gag penting semua. Apalagi kalau abis cuti, siap2 dapat warning di emailnya “Your mailbox can no longer send messages, please reduce your mailbox size. Delete any items you don’t need from your mailbox and empty your deleted items folder” Ckckckckck!
  • Kebut2an pulang jam 01.00 pagi, bukan masalah takut hantu atau apa tapi ‘takut ditawar’ wkwkwkwk.
  • Nginep di kost rame2
  • Belajar mengumpat dengan cara yang sopan, Hahahahahaha!
  • Nggak pernah bawa kerjaan kantor ke rumah. What happen in office stay in office


Jam kerjanya (kreatif banget yang bikin jadwal)
  • Paling awal adalah shift 05.00, jadi harus bangun duluan tuh buat ngebangunin ayam nyuruh mereka berkokok, pulangnya jam 14.00 masih oke kalau mau jalan2 dengan mata yang tinggal setengah watt dan sebenernya pengen segera ketemu bantal.
  • Paling akhir shift 22.00, yeaaaa giliran kamu2 pada terbuai dengan mimpi indah, ai ngomong sendiri sama orang2 yang kebanyakan “nggak bisa tidur dan nggak punya temen” sehingga menganggap CSR provider adalah sahabat mereka, weedewww! Pulangnya jam 07.00, masih bisa kalau mau olahraga dulu, itupun kalau otaknya udah mulai nggak waras.
  • Paling benci shift 17.00, emang sih siangnya bisa nyantai dulu seharian di rumah tapi ngebayangin nanti pulang jam 02.00 udah bikin males, apalagi kalau berangkatnya pakai high heels pasti ganti flat shoes pulangnya (Biar gag ditawar di jalan, Hwakakakak)
  • Paling enak shift 08.00 dan pulang jam 17.00, serasa punya hidup normal kembali.
  • Dan shift2 lain di jam berapapun. Tapi justru karena shift2 yang ajaib itu, aku bisa ngerasain rasanya kerja di jam berapapun. Berangkat bareng orang jualan sayur ke pasar jam 04.00 pagi, pulang kerja jam 01.00 pagi, atau pulang jam 07.00 pagi kayak orang abis kerja jaga malam, Hahahahaha! Such a wonderful experience 


Wuaaaa, customernya!
Cewek, cowok, anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, kakek nenek, semuanya ada dengan sifat dan kepribadian masing2. Mulai dari yang pinter ampe yang oon, yang butuh informasi beneran atau sekedar basa basi, dari yang baik hati sampai yang sombong, yang ramah sampai yang judes, yang bener2 ngerti ampe yang sok tau. Dan dari semua itu kita harus tetap “SENYUM” ya senyum saudara2 SMILE IS OUR IDENTITY, Ckakak’an!
Musibah banget kalau dapat customer yang marah2, judes, ngomong terus nggak ada remnya, sok tau, dapat apa coba kalau gitu (dapat umpatan dalam hati dari saia, wakakakak)
Masih mendingan kalau dapat customer yang basa basi dan nanya hal2 yang nggak penting , setelah dijelasin langsung dia tutup deh telponnya entah dia ngerti apa nggak (dalam hati saia berkata “kasihan sekali orang ini nggak punya temen ampe nelpon CS, yang sabar ya nak” haghaghag mesakke tenan)
Dan bahagia banget kalau dapat customer yang baik dan ramah, dijelasin apa2 langsung ngerti dan bilang makasih walaupun cuma hal sepele. Atau customer yang memang complain tapi mau ngerti dan gag pake marah2 (aku do’ain itu orang2 rejekinya banyak dan selalu bahagia dunia akhirat)
Tapi yah emang namanya manusia mungkin emang beda2 sifatnya. Ada yang lebih puas nyelesain masalah dengan marah2 tapi ada juga yang lebih milih nyelesain masalah dengan cara yang santun. Kesimpulannya adalah saia hanya berusaha melakukan pekerjaan semaksimal mungkin dan sesuai dengan prosedur, diterima ya syukur, nggak ya nggak ada ruginya buat saia yang penting saia tetap digaji, Hahahahahaha!

Untuk salary lumayan tinggi sih (pake “sih”)
Untuk ukuran gaji orang Jogja, aku hanya bilang “LUMAYAN” belum bilang “LUAR BIASA” tapi ya lumayan diatas rata-rata. Apalagi kalau sering dapat shift malam, tambah kaya! Kalau cuma mau buat beli BB aja sih bisa (suomboongnyaaaa…)

Finally…
Hanya sanggup kerja disana selama kurang lebih 1,5 tahun dengan alasan klise “sudah jenuh dengan pekerjaan itu dan ingin mencari pengalaman di tempat lain”. Yang paling ngangenin adalah teman2nya, ya ampun kangen banget ece2nan! Kalau customernya, maaf saia tidak pernah merindukan anda, Terima Kasih!!

Special Thanks To

  • R. Donny Firmansyah
  • Sodikin
  • Agatha Florensia




0 komentar:

Posting Komentar